Thursday 9 April 2015

KEHIDUPAN RASULULLAH SAW



1. Beliau Muhammad saw adalah seorang yang hidup kekurangan, kemudian Allah SWT memberikan kecukupan kepada beliau saw
Allah SWT berfirman:
QS Adh Dhuha (93) ayat 8
93:8
And He found you poor and made [you] self-sufficient.
Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan.

2. Selama satu bulan beliau saw sekeluarga pernah hanya memiliki bahan pangan berupa korma dan air
Aisyah meriwayatkan: “Kami keluarga Muhammad saw melewati satu bulan tanpa menyalakan api dapur kami. Kami hanya memiliki dua aswad yaitu korma dan air. Tetapi bertetangga dengan orang Anshor yang mengirimkan kepada Rasulullah susu kambing dengan susu unta. Kami minum air susu tersebut. (Mutafaq’alaih)

3. Beliau Muhammad saw jarang terlihat memakan makanan lezat
Anas ra meriwayatkan, “Aku belum pernah melihat Rasulullah saw makan roti yang besar dan lunak sampai beliau wafat dan belum juga kulihat Rasulullah saw menikmati daging kambing bakar selama hidupnya.” (HR. Bukhori)

4. Umar ra bin Khathab berkata: “Aku pernah meilihat Rasulullah saw badannya membungkuk karena lapar dan tidak mendapatkan sesuatu untuk mengganjal perutnya walaupun sekedar korma yang buruk.” (HR. Muslim)

5. Beliau Muhammad saw terkadang mengkonsumsi makanan tidak enak
Anas ra meriwayatkan bahwa ia pernah menjumpai Rasulullah saw dengan mebawa roti dari gandum dan minyak samin yang mulai basi. Beliau saw juga pernah menggadaikan baju besinya kepada seorang Yahudi guna membeli tepung untuk keluarganya. Aku pernah mendengar suatu hari beliau saw bersabda:
Maa amsa ‘indaaali Muhkammadin Sho’u tamrin walaa Shoo’u hkab
“Tidak pernah keluarga Muhammad saw pada suatu sore memiliki segantung korma maupun segantung biji-bijian.” (HR. Bukhori)

6. Selama beberapa malam berturut-turut beliau saw dan keluarganya bermalam dengan rasa lapar dan tidak memiliki santapan makan malam. Roti beliau saw sekeluarga kebanyakan terbuat dari gandum. (HR. Ahmad dan lainnya, hadits hasan)

7. Keluarga beliau saw tidak pernah kenyang tiga hari berturut-turut
Aisyah ra meriwayatkan, ia berkata: “Semenjak tiba di Madinah, keluarga Muhammad saw tidak pernah kenyang dengan roti gandum selama tiga hari berturut-turut, sampai beliau wafat.” (Mutafaq’alaih)

8. Rasulullah saw bersabda:
Allahummaj’al rizqooli Muhammadin Quutan
“Ya Allah, jadikan rizqi keluarga Muhammad saw berupa makanan pokok (untuk sekedar menghilangkan rasa lapar).” (Mutafaq’alaih)

No comments:

Post a Comment

ORIFLAME UNIVERSITY

Blog Archive

ALAMAT IP KAMU

streetdirectory.co.id

Muthofar Hadi Sponsor Umroh/Haji

PT Armina Reka Perdana adalah salah satu agen perjalanan Haji/Umrah di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1990. Ikuti jamaahnya dan dapatkan kuotanya, Bergabung Klik di sini.